Ia Zaha Hadid

Zaha Hadid, atau dengan nama lengkap Dame Zaha Mohammad Hadid, ia merupakan perempuan kelahiran Irak pada 31 Oktober 1950 yang dahulu berprofesi sebagai arsitek di Britania Raya

Tampilan Google doodle Rabu (31/5/2017). pict by google

mimbaruntan.com, Untan— Hari ini Rabu (31 Mei 2017) google doodle yang biasanya menampilkan peristiwa-peristiwa bersejarah ataupun orang-orang yang memiliki cerita hidup yang luarbiasa kali ini menampilkan seorang perempuan bernama zaha hadid. Dengan tema “merayakan Zaha Hadid” ditambah kartun seorang perempuan yang berdiri di samping gambar bangunan bernilai arsitek tinggi.

Ya, dia adalah Zaha Hadid, atau dengan nama lengkap Dame Zaha Mohammad Hadid, ia merupakan perempuan kelahiran Irak pada 31 Oktober 1950 yang dahulu berprofesi sebagai arsitek di Britania Raya. Zaha Hadid semakin spesial sebagai wanita pertama sekaligus muslim pertama yang meraih penghargaan Penghargaan Arsitektur Pritzker. Yaitu penghargaan tertinggi yang diberikan kepada seorang arsitek karena telah berkontribusi besar bagi kemanusiaan dan lingkungan melalui arsitektur pada 2004 silam.

Bukan hanya itu ia juga mendapat penghargaan Stirling tiga tahun berturut-turut pada 2010, 2011 dan 2012. Lalu ia juga diberi Penghargaan Dame Commander of the Order of The British Empire pada 2015.

Zaha hadid yang pernah bersekolah di American University of Beirut kemudian pindah ke london pada 1972 dan melajutkan studinya di Architectural Association School Of Architecture dan lulus lima tahun kemudian pada 1977.
Namun, Zaha Hadid sebagai satu di antara arsitek termahsyur di Planet Bumi ini telah meninggal dunia pada 31 Maret 2015 setelah terkena serangan jantung. Meski begitu, dalam 65 tahun hidupnya telah banyak bangunan yang berdiri hasil rancangannya. Sebut saja heydar aliyev cultural Center yang menjadi tampilan di google doodle hari ini, Guangzhou Opera House, Phaeno Science Center di Wolfsburg, Bridge Pavilion di Zaragoza, serta masih banyak karya nya yang lain.
Penulis : Adi Rahmad
Editor : Umi

Previous Pasar Juadah Diserbu Mahasiswa
Next Piknik Seru Meriahkan Hari Lahir Pancasila di Pontianak

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *