Peringati Hari Lahir Pancasila, JPKP Adakan Dialog Kebangsaan

Sebanyak 500 orang dari berbagai tokoh multi etnis dan Organisasi Mahasiswa (Ormas) memadati Ballroom Hotel Mercure Pontianak Kamis (1/6). Mereka menghadiri kegiatan Ikrar Kesetiaan Pada Pancasila yang bertemakan “Revitalisasi Nilai – Nilai Pancasila Dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara” yang dimulai pukul 16.00 WIB.

mimbaruntan.com, Untan – Sebanyak 500 orang dari berbagai tokoh multi etnis dan Organisasi Mahasiswa (Ormas) memadati Ballroom Hotel Mercure Pontianak Kamis (1/6). Mereka menghadiri kegiatan Ikrar Kesetiaan Pada Pancasila yang bertemakan “Revitalisasi Nilai – Nilai Pancasila Dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara” yang dimulai pukul 16.00 WIB.

Kegiatan tersebut menghadirkan Mardan Adijaya sebagai raja Kraton Mempawah, Adrianus Asia Gitot Sebagai Ketua Ikatan Sarjana Katolik (ISPA) Indonesia, Muhammad Sobari sebagai budayawan Indonesia serta Muhammad Munip sebagai akdemisi Universitas Para Madina Jakarta sebagai pembicara.

Acara ini bertujuan untuk mencegah berkembangnya paham radikal dan intoleran serta tindakan anarkis yang belakangan ini membuat nilai pancasila semakin pudar pada generasi muda. “Nilai pancasila harus kita teguhkan apapun taruhannya, bahu-membahu membuktikannya di Kalimantan Barat”, ungkapnya Yulianus selaku ketua panitia sekaligus menjabat sebagai Jaringan Pendamping Kebijakan Pembangunan (JPKP).

Yulianus mengaku bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan yang pertama kalinya diadakan di Kalimantan Barat. Terutama setelah keputusan Presiden Joko Widodo menetapkan peringatan Hari Lahir Pancasila. “Ini pertama kita peringati karena keputusan presiden baru terbit setahun yang lalu dengan menetapkan 1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila dan dijadikan hari libur nasional”, tambahnya.

 

Penulis : Suryansah

Editor : Adi

Previous Piknik Seru Meriahkan Hari Lahir Pancasila di Pontianak
Next UKM PP LISMA Adakan Diskusi Ilmiah

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *