Terminal ALBN Tidak Menduga Adanya Lonjakan Penumpang

mimbaruntan.com, Untan— “Kita tidak menyangka akan terjadi lonjakan ini. Biasanya bus dari Kucing, Malaysia ke Pontianak atau sebaliknya hanya sekitar 10 kendaraan tetapi kali ini ada 15 hingga 20 kendaraan,” ungkapnya, Senin (26/6).

mimbaruntan.com, Untan— Terminal Antar Lintas Batas Negara (ALBN) Sei. Ambawang alami lonjakan penumpang jelang Idul Fitri 1438H.

Koordinator terminal ALBN Sei. Ambawang, Thomas Oktavianus Linggi mengatakan lonjakan ini terjadi diluar perkiraan. “Kita tidak menyangka akan terjadi lonjakan ini. Biasanya bus dari Kucing, Malaysia ke Pontianak atau sebaliknya hanya sekitar 10 kendaraan tetapi kali ini ada 15 hingga 20 kendaraan,” ungkapnya, Senin (26/6).

Menurutnya, lonjakan ini terjadi karena banyak Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang mudik lebaran ke Kalimantan Barat. “Kebanyakan penumpang itu TKI yang mendapat cuti untuk pulang kampung,” tambahnya.

Lonjakan penumpang pada tahun 2017 tidak terjadi pada tahun sebelumnya sehingga pihak terminal tidak mengetahui akan adanya penambahan penumpang secara drastis. ”Lonjakan khusus ALBN ini di luar dugaan, tahun sebelumnya tidak seperti ini,” kata Thomas yang baru menjabat selama satu bulan di terminal ALBN Sei. Ambawang.

Lonjakan penumpang tidak hanya terjadi pada trayek ALBN tetapi juga pada Antar Lintas Dalam Provinsi (ALDP). “Lonjakan penumpang juga terjadi di ALDP, dari Pontianak Sintang, Pintianak Nanga Pinoh dan sebaliknya,” papar Thomas.

Dari data yang diterima Reporter, lonjakan penumpang trayek ALBN terjadi pada H-2 dengan jumlah 19 bis sementara untuk trayek ALDP pada H-2 dengan total 27 bis.

Namum, meski terjadi lonjakan penumpang tak terduga, pihak terminal ALBN Sei. Ambawang dapat mengantisipasi sehingga tidak terjadi tumpukan penumpang atau kekurangan bis. Semua penumpang mendapatkan bis sesuai dengan tujuan dan kebutuhannya.

 

Penulis : Isa Oktaviani

Editor : Umi

 

Previous Sekda Kalbar Adakan Open House
Next Hari Pertama Lebaran, Pusat Perbelanjaan di Pontianak Tutup

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *