Minimnya Minat Masyarakat Kota Pontianak Terhadap Angkutan Umum

Di Kota Pontianak, beragam transportasi publik disediakan oleh Pemerintah Kota. Sayangnya, minat masyarakat untuk menggunakan angkutan umum semakin sedikit dikarenakan beberapa faktor.

Perkembangan dunia di era modern dewasa ini, membawa pengaruh besar bagi berbagai macam aspek, tak terkecuali untuk transportasi publik. Transportasi yang kian hari kian pesat memberikan kemudahan aksesibilitas bagi masyarakat. Masyarakat lebih mudah menjangkau suatu daerah hanya dengan hitungan hari, jam, menit, bahkan detik sekalipun. Hal itulah yang kemudian melahirkan begitu banyak pembaharuan inovasi transportasi dengan model canggih yang menyesuaikan zaman dan cocok untuk masyarakat sebagai pengguna.

Di Kota Pontianak, beragam transportasi publik disediakan oleh Pemerintah Kota. Sayangnya, minat masyarakat untuk menggunakan angkutan umum semakin sedikit dikarenakan beberapa faktor. Faktor tersebut karena fasilitas angkutan umum kurang memadai, rute dan waktu perjalanan tidak pasti, serta angkutan umum tidak dapat menjangkau untuk masuk ke dalam gang rumah masyarakat. Mayoritas supir angkutan umum di Kota Pontianak mengeluhkan jumlah penumpang yang semakin hari semakin berkurang karena kendaraan pribadi telah menjadi sebuah kebutuhan primer bagi masyarakat. Masyarakat Kota Pontianak menjadikan angkutan pribadi sebagai alat transportasi  sehari-hari. Angkutan pribadi dinilai lebih efisien secara waktu, tenaga, dan biaya. Sehingga angkutan pribadi mulai menjamur digunakan oleh berbagai kalangan, baik pelajar, mahasiswa, dan pekerja. Masyarakat menilai bahwa angkutan pribadi adalah pilihan terbaik mengingat situasi dan kondisi angkutan umum Pontianak yang hari ini masih jauh dari harapan.

Apabila  Pemerintah Kota Pontianak lebih memperhatikan angkutan umum, secara langsung pasti akan berdampak pada peningkatanminat masyarakat terhadap angkutan umum. Hal tersebut tentunya akan berdampak positif bagi Kota Pontianak sendiri. Selain mencegah kemacetan, peralihan angkutan pribadi ke angkutan umum juga dapat mengurangi polusi udara. Budaya untuk menggunakan angkutan umum seperti layaknya di negara maju juga mampu mengurangi angka kecelakaan lalu-lintas sehingga terciptalah suatu kota yang lebih baik. Oleh karena itu, sudah saatnya Pemerintah merancang sistem transportasi publik yang lebih baik sehingga minat masyarakat terhadap angkutan umum juga akan meningkat. Dengan begitu, Pontianak akan jauh dari kasus kemacetan, polusi udara, dan hal-hal negatif lainnya yang mengganggu penataan ruang kota.

Oleh : Sekar Aprilia Maharani

Previous Pesta Meriam Karbit Meriahkan Malam Takbiran di Pontianak
Next Tumbuhkan Minat Baca Melalui Bazar Buku

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *