Tari Rampak Bundur Sambut Dubes Amerika di Untan

Kedatangan Duta Besar (Dubes) Amerika Serikat, Joseph R. Donovan Jr, dalam rangka pembukaan kegiatan Kalimantan Go Girls Exhibition “Ace Preneurship Project: From Waste to Wealth” pada Rabu (13/07) disambut oleh tarian penyambutan di halaman gedung Rektorat Universitas Tanjungpura.

Mimbaruntan.com, Untan — Kedatangan Duta Besar (Dubes) Amerika Serikat, Joseph R. Donovan Jr,  dalam rangka pembukaan kegiatan Kalimantan Go Girls Exhibition “Ace Preneurship Project: From Waste to Wealth” pada Rabu (13/07) disambut oleh tarian penyambutan di halaman gedung Rektorat Universitas Tanjungpura.

Para penari ini merupakan penari dari Sanggar Tari Kijang Berantai yang terdiri dari empat orang penari perempuan. Para penari tersebut berasal dari prodi dan fakultas yang berbeda salah satunya mahasiswa prodi Seni FKIP Untan bernama Sudbudia. Saat ditemui oleh reporter Mimbar Untan ia berkata tentang tarian sambutan tersebut. “Tarian ini bernama Rampak Bundur, selain pakai kipas tari ini juga menggunakan sirih dan payung” katanya (12/7).

            Sebelum tarian penyambutan tersebut di tampilkan, Dubes Amerika di sambut dengan doa dan tepung tawar yang bernama pepas seperti yang dikatakan Sudbudia bahwa pepas adalah semacam intro dari tari Rampak Bundur. “Sebelum tarian ini, kita akan melaksanakan pepas dahulu kepada tamu yang datang, pepas ini untuk membuang hal-hal yang tidak baik sehingga tamu tersebut datang dengan hati dan badan yang telah bersih” jelasnya.

            Selain tarian Rampak Bundur mereka juga menampilkan pertunjukan tarian yang bernama Belampas, “ tarian ini termasuk tarian penghibur saja” jelasnya singkat.

Penulis : Lola Prianti

Editor : Adi

Previous Dubes Amerika Serikat Hadiri Kegiatan American Corner Untan
Next 8.568 Peserta Bersaing Rebutkan “Kursi” lewat Jalur Mandiri

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *