Tetap Kembangkan Hobi Di Masa Perkuliahan


Vidya Irsanti Kharis saat menyalurkan hobinya-menyanyi.

mimbaruntan.com, Untan- “Lakukan sesuatu dengan cinta. Cintai sesuatu yang dilakukan.” Begitulah prinsip hidup seorang perempuan cantik bernama lengkap Vidya Irsanti Kharis. Perempuan kelahiran Sanggau, 28 Februari 1998 yang lebih akrab disapa Dea. Dea merupakan mahasiswa Fakultas Ekonomi Jurusan Akuntansi Universitas Tanjungpura (Untan) yang kini akti di semester tiga.

Menurut Dea, menjadi mahasiswa bukan berarti hanya mengedepankan prestasi akademik semata melainkan juga harus diseimbangkan dengan hobi yang ditekuni. Sejak kecil, Dea yang mempunyai hobi bernyanyi beranggapan bahwa bernyanyi adalah suatu cara terbaik untuk mengekpresikan perasaan. “Nyanyi bisa mengekspresikan apa yang kita rasakan. Sesuai kondisi hati,” ungkapnya, Jumat (4/8).
Dea memiliki ketertarikan dalam dunia tarik suara sejak Sekolah Dasar, namun ia mulai memberanikan diri berkecimpung mengikuti ajang perlombaan bernyanyi ketika ia masuk ke SMP Negeri 1 Sanggau. Dimulai dengan mengikuti FLS2N serta event-event yang melibatkan penyanyi solo maupun band. Sebagai seorang penyanyi, Dea merasa beruntung karena ia lahir di tengah keluarga yang punya hobi bernyanyi.

Berada di antara keluarga dengan kesamaan hobi membuat Dea bahagia sekaligus bangga. Bahagia karena dengan begitu hobinya dapat didukung dan diapresiasi. Bangga karena seringkali menyaksikan dirinya dan anggota keluarga mengikuti perlombaan hingga berhasil membawa pulang piala penghargaan. “Semua keluarga di rumah suka nyanyi, tapi yang paling suka nyanyi kami berempat. Aku, Ayah, Kakak, dan adik,” katanya dengan senyum merekah.

Memiliki hobi yang sama alhasil membuat keluarga ini membuka studio musik di rumahnya terhitung sejak tahun 2005. Hanya saja, sekarang sudah beralih menjadi studio khusus rekaman. “Sekarang cuma buka studio untuk rekaman jak,” jelasnya.

Prestasi yang berhasil di raih Dea kategori menyanyi solo yaitu pernah meraih juara 1 Lomba Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) SMP Tingkat Kabupaten Sanggau tahun 2014 , Juara 1 FLS2N SMA Tingkat Kabupaten Sanggau tahun 2015, Juara 2 Karaoke Yamaha Motor Show tahun 2013, Juara 1 Lomba Dendang Melayu tahun 2013, Juara 1 Lomba Paradje’ tahun 2014, Juara Harapan I Bintang Radio tahun 2014, dan Juara III Lomba Bintang Radio tahun 2015. Tak hanya itu, Dea juga berprestasi untuk kategori band yaitu pernah meraih juara 1 Lomba Jingle Pajak Tax Goes To School Kantor Pajak Pratama (KPP) Sanggau tahun 2014 dan Juara 1 Lomba Festival Band Pelajar SMA Tahun 2015.

Apresiasi terbesar dalam hidup seorang Dea tidak hanya dilihat dari deretan piagam penghargaan diraihnya, tetapi ketika ia dapat bernyanyi di hadapan banyak orang dan mendapatkan tepuk tangan yang meriah. Dukungan keluarga, teman-teman adalah sumber semangat terbesar dan kekuatan bagi Dea.

Di dunia perkuliahan Dea masih tetap mengasah hobinya dengan mengikuti Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Oikosnomos divisi musik dan kerap dipercaya menjadi penyanyi pada kegiatan yudisium, organisasi, dan event kampus lainnya. Ke depannya, ia masih ingin melebarkan sayap mengikuti beragam perlombaan bernyanyi sampai pada suatu titik dimana ia dapat membawa harum nama Sanggau, Kalimantan Barat, bahkan Indonesia di punggungnya.

Dea berharap antara kuliah dan hobi dapat diseimbangkan dengan baik. “Aku harap nyanyi dan kuliah bisa berjalan beriringan,” harapnya. Dea juga berpesan agar sebagai mahasiswa kita dapat terus berkarya serta menekuni hobi yang disukai. “Teruslah berkarya dan menekuni hobi yang kita sukai agar kita bisa melakukan sesuatu yang dapat bermanfaat untuk banyak orang dan kita juga dapat timbal baliknya,” tutupnya.

 

Penulis : Sekar Aprilia Maharani

Editor : Adi

Previous Ini yang Dilakukan Mahasiswa KKN Revolusi Mental Untan dengan Anak-Anak Desa Sebunga
Next Ketua DPM Untan: Minggu Depan Semua Tahapan Pemirama Sudah Bisa Dimulai

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *