Mengunjungi Desa Batu Malang, Sentra Penghasil Laut di Kayong Utara


mimbaruntan.com, Untan – Kayong Utara merupakan kabupaten yang relatif baru di Kalimatan Barat. Kabupaten dengan potensi alam mulai dari pegunungan hingga laut di dalamnya.

Satu dari wilayah yang terdapat di sana adalah Batu Malang, Desa Dusun Kecil, Pulau Maya Kab. Kayong Utara yang menjadi salah satu sentra hasil laut di Kalimantan Barat.

Menurut cerita, Batu Malang merupakan wilayah yang memiliki tumpukan batu dengan letaknya yang tidak menjorok ke laut dan tidak pula berada di wilayah permukiman, karena letaknya yang alang-alang maka masyarakat menamakannya batu Malang.

Nurhayati, mahasiswi program studi (Prodi) Hubungan Internasional (HI) Fisip Untan yang tergabung dalam tim Ekspedisi Nusantara Jaya (ENJ) kelompok mahasiswa Universitas Tanjungpura (Untan) menyatakan tanggapan nya ketika berkunjung ke dusun tersebut.

“Saya sangat senang dapat berkunjung ke dusun Batu Malang, sambutan masyarakat yang hangat dan antusiasme akan informasi baru yang ditunjukkan masyarakat membuat saya ingin berbuat lebih dan lebih untuk dusun ini,”

Sementara Hanna, mahasiswi Fakultas Kehutanan Untan juga menambahkan bahwa dirinya banyak mendapat ilmu baru ketika berkunjung ke dusun tersebut.

“Senang sekali, dapat berkunjung ke dusun yang mayoritas masyarakatnya nelayan ini, selain dapat belajar tentang laut, maritim, juga produk hasil dari dusun ini bisa yang luar biasa,” tambahnya

Ketika reporter Mimbar Untan berkunjung kesana, tampak berbagai hasil laut seperti ikan asin, pengolahan udang ebi hingga udang getah, udang khas yang memiliki cita rasa manis dengan harga yang relatif mahal.

Selain itu, kita juga dapat menikmati keindahan pemandangan laut serta tumbuhan mangrove yang ada di permukiman warga.

Sementara untuk mandi dan sumber air minum, masyarakat menggunakan sumber air baku yang berasal dari bukit.

Penulis : Rio Pratama

Editor : Adi R.

Previous Kita Seorang Penikmat
Next Menangkal Dampak Buruk Globalisasi, Tim ENJ Untan Selenggarakan Permainan Rakyat

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *