Sadar akan kurangnya PHBS pada masyarakat, Ini yang dilakukan tim ENJ Untan


tim Ekspedisi Nusantara Jaya (ENJ) Universitas Tanjungpura (Untan) adakan penyuluhan di Aula Desa Dusun Kecil, Pulau Maya Kab. Kayong Utara. Senin (21/8).

mimbaruntan.com, Untan – Memahami tentang kurangnya pemahaman masyarakat tentang Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), tim Ekspedisi Nusantara Jaya (ENJ) Universitas Tanjungpura (Untan) adakan penyuluhan di Aula Desa Dusun Kecil, Pulau Maya Kab. Kayong Utara. Senin (21/8).

Dusun Kecil merupakan Desa di Pulau Maya Kab. Kayong Utara yang mayoritas masyarakatnya belum memiliki jamban dalam melaksanakan kegiatan Mandi, Cuci, Kakus (MCK) permanen di dalam rumah.

Bambang Aditya, mahasiswa Fakultas kedokteran (FK) Untan menyatakan salah satu bahaya tentang bahaya dari kurang sadar nya perilaku masyarakat tentang PHBS.

“Salah satu penyakit yang dapat menjangkit masyarakat akibat kurang sadarnya akan PHBS adalah diare,” ungkapnya.

Bambang juga menambahkan salah satu penyebab penyakit adalah virus.

“Virus merupakan mikroorganisme yang hanya dapat di lihat menggunakan mikroskop, sementara dalam upaya pencegahan nya hanya dapat dengan cara pembakaran maupun non pembakaran,” tambahnya

Sementara Sofian, Kepala Desa Dusun Kecil menyatakan tentang urgensi lingkungan yang ada di desa tersebut.

“Yang paling penting adalah lingkungan bersih, karena yang namanya pencegahan adalah di awal. Maka jangan membuang sampah di paret, karena akan banyak manfaatnya, maka itu menunjukkan bahwa kite bersih dari lingkungan,” ungkapnya

Penulis : Rio Pratama

Editor : Adi R.

Previous Tim ENJ Untan Sosialisasikan Dampak Buruk Sampah di Pulau Maya
Next FMIPA Untan Adakan PMB Samudra 2017

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *