Merujuk Peraturan Menteri, FKIP Untan Selenggarakan PAMB 2017


mimbaruntan.com, Untan – Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Tanjungpura (Untan) menyelenggarakan Percepatan Adaptasi Mahasiswa Baru (PAMB) 2017 di Auditorium Untan, Selasa (29/8). Kegiatan ini dilaksanakan selama empat hari yang dimulai dari upacara pembukaan PKKMB pada hari Senin (28/8).

Untuk hari kedua, kegiatan ini diisi dengan pengenalan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan Himpunan Mahasiswa (Hima) serta beberapa materi yang disampaikan oleh anggota Polri, dekan dan jajarannya.

Pelakasanaan PAMB ini sendiri mengacu pada keputusan menteri yang kemudian diturunkan kepada fakultasnya, keputusan rektor yang isinya adalah membekali mahasiswa baru, khususnya dengan bagaimana berwawasan kebangsaan, menjauhi paham radikal, belajar di perguruan tinggi dan mempercepat pengetahuan mahasiswa baru mengenai wawasan lingkungan kampus.

Bekti Purwo selaku presiden mahasiswa FKIP Untan mengatakakan bahwa dengan adanya PAMB tahun ini menjadi suatu kebanggan bagi FKIP, terutama dalam PKKMB 2017 pada senin (28/8) yang dimana dari pihak Untan meminta FKIP untuk membuat formasi PKKMB 2017, formasi lambang untan dan formasi burung enggang gading.

”Hari pertama diisi dengan upacara oleh pihak universitas dan tahun ini menjadi istimewa karena FKIP dipilih untuk formasi PKKMB 2017, formasi lambang Untan dan formasi burung enggang gading. Jadi sebuah kebanggaan bagi FKIP dengan jumlah yang begitu besar, 1400 lebih yang terdata, ditonton dan disaksikan oleh seluruh fakultas yang ada di Untan,” jelasnya.

PAMB kali ini pun mengangakat tema “Mendidik generasi cemerlang, meraih prestasi gemilang”. Ketua panitia, Zulfan mengatakan bahwa tahun ini lebih menekankan kepada ketauladanan dari mahasiswa. “Tahun ini lebih menekankan kepada ketauladanan, ingin menunjukkan bagaimana seorang pendidik mendidik generasi baru di FKIP agar dapat menjadi generasi yang cemerlang serta dapat berprestasi diluar kampus maupun didalam kampus,” ungkapnya.

Disamping itu, Mashudi selaku Wakil Dekan III mengatakan bahwa dekan merupakan penanggung jawab secara umum dari terlaksananya kegiatan PAMB. “Tanggung jawab penuh berada pada dekan, kemudian diikuti dengan Wakil Dekan III,” ucapnya.

Ia juga menambahkan untuk pelaksanaan PAMB ditahun 2017 ini diharapkan mahasiswa baru dapat cepat beradaptasi dengan lingkungan kampus serta aktif diberbagai kegiatan kampus. “Khususnya pengetahuan yang diberikan kepada Maba, bisa diserap. Intinya untuk mempercepat mereka bisa selesai, bisa aktif,” tambahnya.

 

Penulis : Rahmad Nopriansyah

Editor : Adi Rahmad

Previous PKKMB Dimulai, Ini Tanggapan Dekan Fisip Untan
Next Fisip Untan Gelar PKKMB 2017, Ini Rangkaian Kegiatannya

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *