PKKMB Dimulai, Ini Tanggapan Dekan Fisip Untan


Jalan utama masuk ke FISIP
Jalan utama masuk ke FISIP

mimbaruntan.com, Untan – Kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) di lingkungan Universitas Tanjungpura, khususnya di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Universitas Tanjungpura (Untan) telah resmi dibuka secara simbolis dengan pelepasan balon oleh Sukamto Dekan Fisip Untan.

Kegiatan ini pun berlangsung sejak 28 hingga 30 Agustus 2017. Menurut Sukamto, konsep dari kegiatan ini merupakan keputusan dari pihak universitas, yang dalam pelaksanaannya dilakukan oleh masing-masing fakultas.

Ia juga mengatakan bahwa PKKMB tahun ini mahasiswa baru akan diberi pembekalan mengenai wawasan kebangsaan, bela negara, bahaya narkoba, dan bahaya radikalisme seperti yang disampaikan oleh Rektor Untan pada upacara pembukaan PKKMB Senin (28/8) lalu.

Kegiatan ini juga dipertanggung jawabkan oleh semua pihak yang terlibat, seperti penanggung jawab utama adalah pihak fakultas yang dalam hal ini adalah dekan. “Semua kegiatan tentunya menjadi tanggung jawab secara kelembagaan, artinya fakultas yang bertanggung jawab, tapi hanya yang menjadi petugasnya. Kalau PKKMB, karena ini kegiatan kemahasiswaan itu domainnya Wakil Dekan 3, tapi bukan berarti Dekan tidak bertanggung jawab. Secara operasional itu Wakil Dekan 3, namun keseluruhan tentu Dekan yang bertanggung jawab,” ujarnya.

Ia mengungkapkan, kegiatan ini harus dilaksanakan secara normatif yang artinya tidak boleh melenceng dari aturan. Apa yang tidak diatur dalam PKKMB tidak boleh dikerjakan, karena pihak fakultas hanya mempertanggungjawabkan yang normatif, jika tidak itu adalah penyimpangan yang dilakukan oleh oknum tertentu.

Ia menambahkan bahwa pergeseran nama dari PMB menjadi PKKMB itu mengandung makna, yang tentu ingin memperbaiki hal yang kurang atau terlewat dari sebelumnya. Hal yang paling penting dari penggantian nama itu adalah penghilangan kekerasan dalam kegiatan.

Hal serupa juga disampaikan oleh Wakil Dekan 3 Fisip Untan. “Setiap fakultas menginginkan kegiatan PKKMB ini lancar, aman terkendali tanpa kekerasan,” harapnya.

 

Penulis : Nurul Maulidya
Editor : Adi Rahmad

 

Previous Forrest For Better Life, Tema Utama PKKMB Fakultas Kehutanan
Next Merujuk Peraturan Menteri, FKIP Untan Selenggarakan PAMB 2017

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *