HIMABIO FMIPA Untan Adakan Biology Back To Nature 2017


mimbaruntan.com, Untan – Himpunan Mahasiswa Biologi (HIMABIO) Fakultas Matematika Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Tanjungpura (Untan) kembali adakan kegiatan Biology Back to Nature (B2N), Sabtu (26/8). Rangkaian kegiatan B2N ini terdiri dari Olimpiade Biologi (Olimbio) dan Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) tingkat SMA/MA sederajat se-Kalbar.

Faizal selaku ketua panitia B2N mengatakan Olimbio dan LKTI ini dilaksanakan di SMA/sederajat Kalimantan Barat dan dilakukan penyeleksian. “Untuk Olimbio diadakan selekda (Seleksi Daerah) pada 11 kabupaten yaitu Bengkayang, Kubu Raya, Landak, Melawi, Mempawah, Pontianak, Sambas, Sanggau, Sekadau, Singkawang, dan Sintang, sedangkan LKTI dilakukan tahap penyeleksian abstrak yang telah dikirim peserta,” ungkapnya, Kamis (7/9).

Ia juga mengatakan peserta yang lolos seleksi daerah dalam perlombaan Olimbio akan mengikuti seleksi final di Kota Pontianak, sedangkan untuk peserta LKTI akan kembali di seleksi presentasi full paper. “Perserta yang lolos selekda akan dikirim ke Pontianak pada tanggal 6 Oktober 2017 untuk mengadakan seleksi final dan untuk peserta LKTI 10 tim terbaik akan melakukan presentasi terkait LKTI tersebut,” jelasnya.

Selain itu, ia mengungkapkan Olimbio tahun ini berjalan lancar dengan jumlah peserta yang mencapai target serta peserta paling banyak berasal dari Kabupaten Bengkayang. “Alhamdulillah untuk 11 kabupaten/kota tersebut lancar, dari panitia sendiri sudah memenuhi target yaitu 400 peserta,untuk perserta paling banyak pada kabupaten Bengkayang,” imbuhnya.

Riyandi salah satu perwakilan dosen Biologi FMIPA Untan mengatakan kegiatan B2N merupakan catatan prestasi untuk masuk perkuliahan jurusan Biologi di FMIPA. “Salah satu catatan prestasi untuk masuk kuliah khususnya untuk masuk jurusan Biologi FMIPA,” ungkapnya, Sabtu (26/8).

Tarmidji satu di antara guru di SMA Negeri 1 Sekadau berharap Olimbio dapat di jadikan pengalaman bagi peserta yang telah ikut berpartisipasi. “Semoga Olimbio dapat di jadikan pengalaman bagi siswa yang mengikutinya,” harapnya.

Penulis : Muhammad Rezky Abrar

Editor : Adi Rahmad

Previous Umi : Media Harus Ikut Perkembangan Zaman
Next Diskriminasi Rohingya Banjir Perhatian Publik

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *