Memaknai Data Statistik, Ini Kata Naomi


mimbaruntan.com, Untan— Hari Statistik Nasional (HSN) diperingati setiap tanggal 26 September, sebuah keputusan yang disahkan Undang-Undang Perstatistikan. Namun, Hari Statistik Nasional bukan hanya milik Badan Pusat Statistik, tetapi semua masyarakat turut terlibat dalam mengupayakan terwujudnya data yang berkualitas.

Ketua Prodi Matematika Naomi mengatakan pentingnya mengetahui peranan data statistik dalam kehidupan sehari-hari untuk mengambil sebuah kesimpulan.  “Ketika kita bicara banyak data, data yang baik akan menghasilkan kesimpulan yang baik, ketika kita menghasilkan data sampah, tentunya kita akan mendapat kesimpulan yang salah juga,” ujarnya, Selasa (26/9).

Ia juga menambahkan dalam berbagai bidang, data statistik dapat memperkuat sebuah argumen sehingga data yang diperoleh dapat disimpulkann serta bisa dipertanggungjawabkan. “Peranan statistik diberbagai bidang itu sangat penting, karena ketika kita berbicara tidak ada datanya dan sumbernya tidak jelas dan keliru maka yang tadi akan memnculkan suatu kesimpulan dan menghasilkan pernyataan yang tidak dapat dipertanggung jawabkan,” pungkasnya.

Penulis : Umi Tartilawati

Editor : Adi R.

Previous Peringati Hari Statistik Nasional, Himatika Gelar Pestanas 2017
Next Eksplorasi Wisata Kayong, ENJ Kalbar Kerjasama dengan Dinas Pariwisata Kayong Utara

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *