UKM Inkubator Bisnis Faperta Adakan Dialog Tani


mimbaruntan.com, Untan – Hari Tani Nasional yang diperingati setiap tahunnya pada 24 September, kini masih di sambut baik Unit Kegiatan Mahasiswa Inkubator Bisnis (IBP) Fakultas Pertanian Universitas Tanjungpura Pontianak. Dalam rangka Peringati Hari Tani Nasional (HTN), UKM IBP ini mengadakan Dialog Tani yang mengusung tema “Memanajemen Produksi Pertanian Dalam Lingkup Pembibitan dan Hama Penyakit” di Desa Kuala Mandor A, Kecamatan Kuala Mandor B, (30/09). Selain kegiatan Dialog Tani, IBP juga adakan beberapa kegiatan antara lain: Kegiatan kemasyarakat, demo produk jahe, pelatihan packing produk dan kerja bakti dengan masyarakat.

Yudi selaku  fasilitator dari manajer Agronomis PT. Tiara Buana Mandiri menyampaikan  dengan terbentuknya pembahasan hama penyakit agar mampu memberikan kontribusi terhadap perbaikan lingkungan untuk ekosistem pertanian.

“Dengan terbentuknya pembahasan hama penyakit ekosistem pertanian bisa terkendali dengan baik,” ungkapnya.

Selain itu Noval selaku fasilitator yang berlatar belakang dari marketing eksekutif PT. Benih Citra Aqix Kalbar menyampaikan bahwa keberhasilan pertanian salah satunya adalah faktor bibit yang unggul untuk budidaya dan perlunya keberpihakan petani kepada masyarakat.

“Bibit yang bagus teknis membudidayakan dengan baik dan lingkungan yang mendukung serta  pentingnya keberpihakan petani,” jelasnya.

Benny selaku ketua panitia menyampaikan bahwa kegiatan dalam rangka peringati HTN ini juga berkolaborasi  dengan open recruitment UKM IBP yang ke 3, dengan jumlah  109 peserta  yang mengikuti.  Selain itu kegiatan yang di lakukan di luar kampus ini bertujuan untuk mengaktualisasikan diri dan memaksimalkan potensi yang dimiliki serta melakukan praktek lapangan.

“Agar teori yang di dapat di kampus, bisa praktek langsung  kelapangan, maksimal 1 bulan 1 kali,” jelasnya.

Penulis: Titin

Editor: Adi

 

Previous Abdul Rahmi : Harus Waspada Dengan Paham yang Tidak Sesuai Dengan Ideologi Bangsa
Next Hery: Mahasiswa Harus Banyak Praktik

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *