Menumbuhkan Semangat Sumpah Pemuda Lewat Penanaman Mangrove

mimbaruntan.com,Untan – Fajar, selaku ketua MMC mengatakan bahwa kegiatan ini secara rutin digelar selain untuk menanamkan semangat sumpah mudah juga untuk mencegah abrasi pantai yang terjadi setiap tahunnya. Menurutnya, harus dilakukan upaya sejak dini untuk mencegah kerusakan mengrove di masa mendatang agar generasi muda dapat menikmatinya.

mimbaruntan.com,Untan – Dalam rangka peringatan Sumpah Pemuda yang jatuh setiap tanggal 28 Oktober, Mempawah Mangrove Conservation (MMC) mengadakan penanaman 4.500 bibit mangrove bertempat di Mempawah Mangrove Park (MMP), Desa Pasir Kabupaten Mempawah, (29/10). Kegiatan yang mengusung tema “Satu Tekad, Satu Gerak, Satu Tujuan” ini melibatkan 300 peserta.

Fajar, selaku ketua MMC mengatakan bahwa kegiatan ini secara rutin digelar selain untuk menanamkan semangat sumpah mudah juga untuk mencegah abrasi pantai yang terjadi setiap tahunnya. Menurutnya, harus dilakukan upaya sejak dini untuk mencegah kerusakan  mengrove di masa mendatang agar generasi muda dapat menikmatinya. “Inti dari kegiatan ini sebenarnya semangat konservasi karena pesisir kita mengalami abrasi, jadi semangat dengan sumpah pemuda itu mungkin kita kembali bersama bersatu satu tekad, satu gerak, satu tujuan untuk penyelamatan mengrove pesisir,” ungkapnya.

Ia juga menjelaskan kondisi mangrove di Mempawah sudah mulai membaik. “Untuk saat ini mangrove mulai tumbuh namun masih kurang karena pantai yang mengalami abrasi itu udah jauhnya 1,5 kg, sekarang pesisir mulai kembali sekitar 150 meter”, tambahnya.

 

Penulis : Suryansyah

Editor : Sekar A.M.

Previous Dibalik Bukit Tekenang yang Selalu Terkenang
Next Merefleksikan Makna Keberagaman Lewat Tradisi Seprahan

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *