Peringati Hari Pahlawan, Mahasiswa PPL Selenggarakan Lomba


mimbaruntan.com, Untan – memperingati hari pahlawan pada setiap tanggal 10 November, Mahasiswa FKIP Untan dan IKIP PGRI Pontianak yang sedang melaksanakan PPL di SMP Negeri 02 Pontianak menyelenggarakan lomba yang bertujuan untuk menumbuhkan rasa cinta akan jasa para pahlawan Indonesia.

Minimnya siswa yang tertarik dengan dunia sejarah khususnya sejarah para pahlawan yang berjuang bagi kemerdekaan Indonesia menjadi salah satu dasar untuk membuat kegiatan tersebut. Ditambah dengan Peran Mahasiswa sebagai kaum terpelajar yang dianggap memiliki intelektualitas lebuh tinggi dari mayoritas masyarakat di Indonesia serta terwujudnya Tri Dharma Perguruan tinggi.

Kegiatan ini bertujuan agar para siswa menyadari betapa pentingnya semangat kepahlawanan melalui berbagai rangkaian acara seperti lomba puisi, puzzle, kostum dari barang bekas, dan video kreatif memeriahkan kegiatan tersebut.

Selain diikuti oleh seluruh siswa, kegiatan ini juga melibatkan semua dewan guru dan mahasiswa PPL di smp negeri 02 pontianak namun hal unik terjadi ketika lingkungan SMP 02 Pontianak tidak bisa digunakan akibat sedang dilakukan renovasi, sehingga kegiatan tersebut dilangsungkan di SDN 34 Pontianak.

“Persiapan yg kami lakukan selama 3 minggu dan banyak proses yg kami siapkan, sehingga terlaksananya kegiatan ini, meskipun terkendala oleh gedung sekolah yang masih direnovasi sehingga harus menumpang di SD 34,” ungkap Krissantus selaku ketua panitia dari IKIP PGRI Pontianak.

Yudi Herdiana mengucapkan banyak terimakasih kepada mahasiswa PPL Untan dan IKIP, menurut beliau menjadi seorang guru bukan hanya mengajar di kelas tapi juga guru harus bisa menanamkan nilai-nilai kebangsaan khususnya seperti kegiatan ini yaitu memperingati hari pahlawan.

“Siswa bukan hanya belajar di kelas tapi dengan adanya kegiatan ini siswa akan mendapat pelajaran yang lebih berarti selain mengetahui sejarah bangsa siswa juga dapat merasakan beratnya perjuangan pahlawan,” ungkapnya ketika diwawancarai oleh wartawan.

Penulis : Rosmela Dwi Utari
Editor : Adi

Previous Pemanfaatan Madu Hutan, Kearifan Lokal Yang Masih Dilestarikan Masyarakat Danau Sentarum
Next LPM Untan Selenggarakan PJTD 2017

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *