HIMAP Gelar Seminar Peringati Hari Tata Ruang Nasional

mimbaruntan.com, Pontianak — “Kami mengambil tema Perencanaan Kota Pontianak Menuju Kota Cerdas dikarenakan pontianak sekarang ini lagi gencar-gencarnya membuat Pontianak itu berkonsep kota cerdas,” ungkapnya.

mimbaruntan.com, Pontianak — Himpunan Mahasiswa Perencanaan Wilayah Kota (HIMAP)  Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura (Untan) menggelar seminar dalam rangka memperingati Hari Tata Ruang Nasional tahun 2017. Seminar yang bertema “Persiapan Kota Pontianak Menuju Kota Cerdas” ini  diselenggarakan di gedung Kementrian Agama Kalimantan Barat, Sabtu (11/11). Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan dari masing-masing SMA, SMK  se-Kota Pontianak serta Mahasiswa  Untan,  khususnya Mahasiswa Perencanaan Wilayah Kota.

Budi Utomo Ketua Panitia menuturkan tema kali ini selaras dengan Kota Pontianak yang sedang gencarnya menuju kota cerdas. “Kami mengambil tema Perencanaan Kota Pontianak Menuju Kota Cerdas dikarenakan pontianak sekarang ini lagi gencar-gencarnya membuat Pontianak itu berkonsep kota  cerdas,” ungkapnya. Menurutnya untuk mewujudkan Kota Cerdas ialah butuh kepekaan masyarakat agar terbuka wawasannya terhadap pemikiran berbagai dunia luar. ”Ada tiga aspek kota cerdas yaitu law infrastruktur ialah, hard infrastuktur , berbudaya sosial,” tambahnya.

Ia berharap masyarakat dapat bekerja sama untuk mewujudkan Kota Pontianak sebagai Kota Cerdas “Dengan adanya perkembangan konsep smart city ini berharap Kota Pontianak dapat bermobilisasi lebih cepat sehingga masyarakat lebih cerdas,” harapnya.

Hal senada juga diungkapkan Yogi selaku Ketua Himap, menurutnya smart city merupakan sebuah konsep pengembangan kota yang memiliki aturan serta tata tertib ruang yang baik, “dengan adanya konsep ini bisa meningkatkan kita semua dengan kesadaran untuk menuju kota Pontianak menjadi kota yang cerdas,”jelasnya.

Dalam kata sambutannya dosen Fakultas Teknik Windra Palepi menyampaikan beberapa tugas yang harus dilakukan dalam mewujudkan kota cerdas. “Tugas kami ialah harus tetap koordinasi, berkaitan dengan tema kita hari ini, menjadi pr tata ruang itu sendiri bagaimana kita mencoba menintegrasikan dengan pemerintah kota Pontianak serta bagaimana tata ruang ini bisa menjadi landasan dalam pemberian hak untuk menuju kota cerdas,”pungkasnya.

 

Penulis : Alex

Editor : Umi

Previous LPM Untan Selenggarakan PJTD 2017
Next Manfaatkan Lahan Gambut, Dosen Faperta Kunjungi Desa Sungai Nipah

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *