Himadip FKIP Untan Gelar Seminar Nasional


mimbaruntan.com, Untan — Himpunan Mahasiswa D3 Perpustakaan (Himadip) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Tanjungpura (Untan)  menggelar seminar nasional yang dilaksanakan di Aula Husada Khatulistiwa II pada 16 November 2017. Seminar yang bertemakan “Peran perpustakaan dan pustakawan dalam mewujudkan layanan prima guna membangun masyarakat informasi di Kalimantan barat”. Kegiatan ini dihadiri oleh Sulistyo Basuki, Guru Besar Ilmu Perpustakaan Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia sebagai pemateri, Kamis (16/11).

Riko selaku ketua umum Himadip menuturkan tujuan kegiatan ini agar masyarakat di Kalbar memahami fungsi dari perpustakaan dengan baik, “pustakawan dan perpustakaan harus saling bersinergi agar masyarakat di kalbar ini memahami penggunaan perpustakaan seutuhnya,”ujarnya.

Ia menambahkan materi yang disampaikan pada seminar kali ini yaitu peran pustakawan dalam memperbaiki minat baca di Indonesia karena menurutnya pustakwan berperan penting dalam memperbaiki minat baca masyarakat. “Yang dibahas kali ini yaitu sesuai tema, yakni indeks Masyarakat kalbar maupun indonesia membaca seberapa besar sehingga apa yang bisa kita lakukan sebagai pustakawan untuk memperbaikinya,” tutur riko.

Siti Laila selaku ketua panitia mengungkapkan kegiatan ini merupakan pertama kalinya dilaksanakan, ia menambahkan berkat dukungan dari dosen seminar nasional ini bisa terselenggara dengan sukses. “Respon dosen sangat baik,  kita juga ngajuin tema sama dosen kita, kemudian dikonfirmasi terus hingga akhirnya kita pilih (tema ini/ed)  dalam seminar nasional,” katanya.

Laila berharap dengan adanya seminar nasional ini bisa memberikan wawasan pengetahuan pada berbagai instansi maupun masyarakat mengenai peran penting perpustaakaan dan pustakawan dalam kehidupan sehari-hari. “Karena yang kita tahu perpustakaan merupakan sumber informasi yang paling akurat,” pungkasnya.

Penulis: Umi Tartilawati & Sekar A P

Editor: Adi R.

Previous Dian : Minat Baca Masyarakat Cukup Baik
Next Turun ke Jalan Demi Pengharapan Kawan

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *