Adi Afrianto – M. Sholhan Menangi Pemirama Fisip


mimbaruntan.com,Untan – Pemilihan Raya Mahasiswa (PEMIRAMA) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIPOL) Universitas Tanjungpura (Untan) Pontianak telah selesai dilaksanakan. Pasangan Nomor Urut 2, Adi Afrianto dan Muhammad Sholhan terpilih menjadi Presiden serta Wakil Presiden Mahasiswa FISIP Untan Periode 2017-2018. Selain itu terpilih juga Agus Sarwanto dan Khotib sebagai Ketua dan Wakil Ketua DPM Fisip Untan Periode 2017-2018, Senin(21/11).

Pemilihan Raya Mahasiswa (Pemirama) resmi ditutup pukul 16:00 WIB, sebanyak 1280 Mahasiswa ikut andil dalam Pemirama tahun ini. Angka ini dapat dikatakan masih jauh dari target yang diharapkan oleh Komisi Pemilihan Rakyat Kampus (KPRK), hal ini disampaikan oleh Adi Muhammad selaku Ketua Panitia yang membidik angka 2000 suara yang akan masuk dalam Pemirama tahun ini.

“Menurut data yang valid, total Mahasiswa yang masih aktif di Fisip Untan sekitar 5000 Mahasiswa, rata ratanya setiap tahun suara pemilih yang masuk itu berkisar di angka 1000 atau lebih namun tidak bisa menembus ke angka 1500 suara,” ujarnya saat ditanya terkait tentang tanggapan mengenai jumlah suara dalam Pemirama tahun 2017 ini.

Pada Pukul 19:00 WIB penghitungan suara dimulai, penghitungan suara ini dihadiri langsung oleh Wakil Dekan III Fisip Untan beserta beberapa Dosen Fisip Untan, dan turut hadir pula tim sukses dari kedua pasang calon Presiden dan Wakil Presiden Mahasiswa, serta disaksikan juga oleh saksi dari masing masing perwakilan kedua pasang calon. Penghitungan Pertama dimulai yakni untuk memilih Ketua dan Wakil Ketua DPM, hingga pada pukul 21:20 terpilihlah Agus Sarwanto dan Khotib sebagai Ketua dan Wakil Ketua DPM Fisip Untan Periode 2017-2018.

Tidak lama berselang, penghitungan suara dimulai kembali, dan kali ini untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden Mahasiswa Fisip Untan. Suasana pun berubah ketika perhitungan suara untuk ketua BEM dimulai. Namun, ketika penghitungan suara berlangsung, sempat ada suasana yang kurang kondusif, meski kemudian dapat teratasi sehingga suasana kembali kondusif dan penghitungan suara kembali dilanjutkan.

Tepat pada pukul 23:52 WIB diruang C2 FISIP Untan, dengan melewati waktu yang cukup lama, serta penghitungan suara yang berhati hati akhirnya penghitungan suara selesai. Pasangan Nomor Urut 2, Adi Afrianto dan Muhammad Sholhan menang dalam Pemirama kali ini, dan terpilih sebagai Presiden dan Wakil Presiden Mahasiswa Fisip Untan Periode 2017 2018 dengan mengalahkan rivalnya Pasangan Nomor Urut 1, Muhammad Agustiar Akbar dan Porjiman melalui perbandingan suara yang relatif dekat, yaitu terpaut 64 suara.

Drs. M. Sabran Achyar, M.Si selaku Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan Fisip Untan menyampaikan bahwa ini adalah Suatu proses Demokrasi, sebagai pembelajaran walaupun cangkupannya hanya tingkat Fakultas, tetapi Visi dan Misi dari kedua kandidat ini sangat baik yang fokus terhadap bagaimana mensinergikan program kemahasiswaan dengan fakultas. Ia juga berharap kepada Presma dan Wapresma Fisip Untan yang baru, agar dapat menjalankan program program yang telah “dijual” ke Mahasiswa.

“Selamat kepada Ketua BEM yang baru, saya harapkan bisa bekerjasama dengan pihak Fakultas serta bekerjasama dengan UKM maupun HIMA yang ada di Fisip, dan saya berpesan agar terpilihnya Ketua BEM Fisip Untan yang baru agar tetap menjaga idealisme Mahasiswa dalam kehidupan berorganisasi,” tutupnya.

Adi Afrianto, Ketua BEM Fisip Untan Periode 2017 2018 menyatakan bahwa Fisip merupakan kampus yang unik, kampus yang multikultur, dan kampus yang sangat beragam, artinya disini membutuhkan strategi jitu dan khusus agar mampu menyatukan semua elemen di kampus. Ia menyatakan bahwa ketua BEM yang telah terpilih saat ini memang memiliki kedekatan yang cukup baik kepada mahasiswa, sehingga dapat merenggut suara yang lebih banyak.

Adi Muhamad(19), selaku Ketua Komisi Pemilihan Rakyat Kampus (KPRK) saat ditanya tanggapannya tentang terbentuknya Ketua DPM dan Ketua BEM yang baru ini, semoga terpilihnya Kepengurusan yang baru ini menjadi sebuah jalan menuju Fisip Untan untuk menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya, agar terbentuknya kembali citra yang baik terhadap citra Fisip.

Muhammad Agustiar Akbar, kandidat nomor urut 1 mengucapkan selamat kepada kandidat nomor urut 2 yang terpilih menjadi Ketua BEM yang baru, ia berharap semoga bisa amanah dalam menjalankan tugasnya. Akbar juga berharap untuk DPM Fisip agar dapat mendampingi BEM Fisip agar bekerja lebih maksimal.

“Terutama untuk Saudara saya Adi Afrianto, saya berharap supaya bisa amanah, dan kedepannya sukses membangun Fisip, tetap mengutamakan nama Kampus, serta untuk DPM agar dapat mengawal dan mendampingi BEM Periode 2017 2018 agar dapat bekerja lebih maksimal, tutupnya.

Penulis : Julio Silitonga & Diyana
Editor: Adi R.

Previous Zulfitri: Mahasiswa Masih Kurang Sadar Dengan Pesta Demokrasi Kampus
Next Himgeo Fkip Untan Gelar Dies Natalis

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *