Pentingnya Budaya Literasi Di Kalangan Mahasiswa

mimbaruntan.com,Untan– Gunawan Budi Susilo mengatakan bahwa semangat berliterasi itu muncul atas dasar kesadaran individu. Kesadaran tersebut harusnya timbul bersamaan dengan pemahaman yang baik terkait literasi.

mimbaruntan.com,Untan– Gunawan Budi Susilo selaku produser program Indonesia Plus Tv One mengunjungi Sekretariat LPM (Lembaga Pers Mahasiswa) Untan, Sabtu (9/12). Kunjungan tersebut bertujuan untuk membahas secara ringan terkait ilmu jurnalistik dan literasi khususnya bagi mahasiswa.

Muhammad Arif Rahman selaku Ketua Umum LPM Untan mengatakan rasa berterima kasih atas kehadiran Gunawan yang telah hadir ke Sekretariat LPM Untan untuk kedua kalinya. Ia mengatakan bahwa semangat diskusi harus terus digalakkan di era dewasa ini.  “Karena semangat diskusi seputar jurnalistik dan literasi harus terus ditingkatkan pada era saat ini. Begitu pula dengan topik-topik diskusi lainnya. Selain itu, hal hal tersebut dalam menambah wawasan dan menjaga kewarasan,”ungkapnya.

“Budaya literasi itu adalah masyarakat yang punya kemampuan literer yang memadai, ketika dia bisa memahami apa yang dia baca, apa yang dia dapatkan, entah text atau audio visual. Secara hukum itu benar atau tidak, secara etika itu penting atau tidak. Bermanfaat atau tidak.”

Ia juga mengatakan membangun budaya literasi seharusnya dimulai sejak dini yaitu pra-sekolah karena apabila dibentuk ketika sudah dewasa cenderung lebih sulit. Menurutnya istilah jerami kering yang mudah terbakar menjadi penggambaran ketika ketiadaan budaya literasi di tengah-tengah kita. “Ketika budaya literasi itu tidak ada, masyarakat jadi seperti jerami kering yang mudah terbakar ketika mendengar berita dan informasi kemudian menyebarkan api permusuhan, api konflik ke yang lain.”

Selain itu, ia berharap mahasiswa sebagai kaum terdidik dapat lebih kritis dalam berliterasi. “Punya kesadaran yang namanya informasi apalagi zaman sekarang harus disikapi secara kritis dan jernih sehingga ketika mereka membaca sesuatu lebih kritis untuk diri sendiri harus verifikasi kebernaran dan harus berhati-hati lagi.” tutupnya.

 

Penulis : Sekar A.M.

Editor : Lutfiana

Previous Fasilitas Lembaga Dirusak, Ini Kata BEM FKIP
Next KPRM Untan : Kita Sudah Lakukan Sesuai Undang-Undang

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *