Kurang Sosialisasi, Ribuan Mahasiswa FEB Golput


mimbaruntan.com, Untan- Pemilihan Raya Mahasiswa (Pemirama) Untan yang juga diselenggarakan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tanjungpura (untan) hanya mengumpulkan 466 suara. Angka ini hanya sekitar 10% dari total mahasiswa aktif di Fakultas tersebut . Selasa (19/12).

Dari data yang dilansir di situs data.untan.ac.id terdapat 4297 mahasiswa aktif di Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Namun dari angka tersebut hanya 466 mahasiswa yang memberikan hak suaranya pada pemirama tahun ini. Artinya, terdapat 3831 mahasiswa yang memilih golput dalam pesta demokrasi mahasiswa se Untan itu.

Yarlina selaku Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan menuturkan bahwa banyaknya mahasiswa Fakultas Ekonomi yang tidak memilih disebab kan oleh pihak KPRM yang minim dalam mensosialisasikan pemirama.

”Dari pihak panitia pemungutan suara sosialisasinya tidak gencar. Kan anak-anak(mahasiswa/Ed) taunya hanya dari mulut ke mulut kebetulan juga ada TPSnya, jika TPSnya tidak ada di fakultas juga mungkin anak-anak tidak ikut pemilihan. Sebagimana yang dinamakan pemilihan raya pasti ada spanduk nya,” katanya.

Pernyataan ini juga dibenarkan oleh ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Supriadi. Menurutnya, sosialisasi pemirama di FEB Untan memang minim. “Bisa dilihat di sudut-sudut kampus memang minim sekali informasi tentang pemirama,” ungkapnya

“Kita sebagai masyarakat kampus juga bingung sampai detik terakhirpun masih ada perubahan,” tambahnya.

Tuty satu di antara mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis yang memilih golongan putih (golput) mengungkapkan bahwa ia tidak ikut memilih dikarena tidak tahu tentang calon presma dan calon wapresma. “Saya saja tidak tau orangnya siapa, jadi saya juga tidak tau kontribusinya untuk Untan itu seperti apa, tidak ada kejelasan mengapa saya harus memilih, visi misinya saja saya tidak tau,” cetusnya.

Penulis: Sartika

Editor: Adi

Previous Konsorsium Perempuan Gelar Media Briefing Tentang Kepemipinan dan Petani Perempuan
Next SEMPAT TERLAMBAT, PEMIRAMA DI FT UNTAN AKHIRNYA TERLAKSANA

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *