Mahasiswa FK Adakan Penyuluhan Penyakit Menular dan Tidak Menular

mimbaruntan.com, Untan— Kegiatan ini bekerja sama dengan Puskesmas Perumnas I guna melakukan pencegahan terhadap penyakit seperti TBC, Difteri, dan Hipertensi.

Mahasiswa Keperawatan FK Untan gelar penyuluhan penyakit menular dan tidak menular di Gedung Aula LPM Jalan Kom. Yos. Sudarso, Sungai Jawi Luar, Pontianak Barat, Sabtu (6/1).

mimbaruntan.com, Untan— Mahasiswa jurusan Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Tanjungpura (Untan) menyelenggarakan penyuluhan di Gedung Aula Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Sungai Jawi Luar, Jalan Kom. Yos. Sudarso Pontianak Barat. Kegiatan ini mengangkat tema “Mengoptimalkan Kesehatan Masyarakat Melalui Kegiatan Keluarga Sehat dalam Mencegah Penyakit Menular (TBC dan Difteri) dan Penyakit Tidak Menular (Hipertensi)”. Penyuluhan yang berlangsung di wilayah kerja puskesmas perumnas. Sabtu (6/1)

Kegiatan ini bekerja sama dengan Puskesmas Perumnas I guna melakukan pencegahan terhadap penyakit seperti TBC, Difteri, dan Hipertensi. Dari hasil pengkajian yang dilakukan oleh mahasiswa Keperawatan Untan di RW VII Kelurahan Sungai Jawi Luar, sebanyak 63 kasus masyarakat setempat menderita Hipertensi, kemudian 23 kasus menderita TBC. Hal ini diakui oleh Arief Wibowo selaku ketua panitia, menurutnya dengan memberikan penyuluhan, masyarakat bisa mengenali gejala penyakit tersebut agar segera langsung melakukan pemeriksaan di Puskesmas terdekat.

“Masalah besar yang ditemukan pada saat pengkajian itu yakni Hipertensi, yang kedua TBC, serta kurangnya  pengetahuan masyarakat mengenai Vaksinasi Difteri,” ujarnya.

Ernawati S.Kep selaku Kasi Pelayanan Kesehatan Rujukan dan Kritis Dinkes Provinsi Kalbar mengatakan pentingnya pemahaman masyarakat mengenai Virus Difteri. “Hal ini sangat penting untuk kita lakukan penyuluhan, apalagi sudah timbul gejala seperti sesak nafas yang berlebihan, demam tinggi yang tidak turun, serta benjolan di leher seperti gondok, itu perlu dilakukan pemeriksaan di Puskesmas,” tuturnya.

“Penyuluhan ini juga termasuk langkah preventif atau pencegahan bagi masyarakat Kalimantan Barat, karena kita menginginkan agar masyarakat bisa hidup sehat,” pungkasnya

 

Penulis : Art

Editor : Lutfiana

Previous Rayakan Pergantian Tahun, Santana Objek Wisata Primadona di Sanggau
Next Rezqy: Menjadi Versi Terbaik Dari Diri Sendiri

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *