Perpustakaan Digital Berikan Layanan Bagi Orang Berkebutuhan Khusus

MimbarUntan.com, Untan - Perpustakaan digital ini merupakan perpustakaan yang unik, karena di dalam perpustakaan ini pelayanannya bukan berbentuk buku tetapi langsung dalam bentuk elektronik book yang dapat langsung diakses melalui komputer dan tab yang telah disediakan di perpustakaan digital.

MimbarUntan.com, Untan – Peluncuran perpustakaaan digital di Pontianak merupakan salah satu terobosan baru dalam meningkatkan minat baca dan minat literasi yang dilakukan oleh pemerintah kota Pontianak.

Perpustakaan digital ini merupakan perpustakaan yang unik, karena di dalam perpustakaan ini pelayanannya bukan berbentuk buku tetapi langsung dalam bentuk elektronik book yang dapat langsung diakses melalui komputer dan tab yang telah disediakan di perpustakaan digital.

Selain menyediakan sarana dan prasarana yang mendukung, pihak perpustakaan kota Pontianak juga menyediakan petugas yang paham mengenai IT (Information and Technology) yang dapat membantu para pengunjung dalam penggunaan e-book.

Selain menyediakan sarana, prasarana dan tenaga penunjang, perpustakaan digital ini juga mempersiapkan layanan online dan antar buku untuk pihak yang memiliki kebutuhan khusus, hal ini disampaikan Oleh Ir. Hidayati selaku kepala Dinas Perpustakaan Pontianak

“Layanan perpustakaan digital menyediakan pelayanan peminjaman online, yang tentu saja memudahkan semua pihak. Orang-orang yang hendak meminjam buku secara online dan setelah buku tersebut kami sediakan, mereka dapat langsung mengambil buku yang mereka butuhkan di perpustakaan kota Pontianak dan kami juga menyediakan pelayanan khusus bagi pihak-pihak difabel (cacat/perlu kebutuhan khusus) kita memiliki layanan antar buku,” ungkapnya

Ia juga menambahkan, untuk dapat menikmati fasilitas yang tersedia tidaklah sulit yaitu hanya perlu mendaftarkan diri dan memiliki kartu anggota Perpustakaan.

“Dan untuk hal ini tidak sulit,hanya perlu mendaftarkan diri dan memiliki kartu anggota yang akan dilayani di perpustakaan Pontianak yang selanjutnya dapat mengakses layanan antar jemput bukunya” Jelasnya.

Farida, pengunjung perpustakaan kota Pontianak menyatakan bahwa berlakunya perpustakaan digital bagi para difabel dirasa akan sangat membantu, namun ia berpesan agar dalam operasional nya, pemerintah harus konsisten dengan melaksanakan.

“Hal ini menurut saya sangat baik dan akan membantu saudara-saudara kita yang memerlukan, apalagi kan berbasis digital. Namun saya berpesan agar dalam operasionalnya nanti pemerintah harus konsisten, jangan beda rancangan beda juga dalam pelaksanaan,” pungkasnya.

Penulis  : Nurdian

Editor    : Rio Pratama

Previous Perpustakaan Digital Turut Tingkatkan Minat Baca di Pontianak
Next PELEPASAN KEGIATAN PKM di FKIP

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *