Perpustakaan Digital Turut Tingkatkan Minat Baca di Pontianak

MimbarUntan.com, Untan- Ir.Hidayati selaku Kepala Dinas Perpustakaan Pontianak menyatakan bahwa sebenarnya peluncuran perpustakaan digital ini sudah mulai dipersiapkan di perpustakaan kota Pontianak dengan fasilitas seperti komputer dan jaringan internet serta lebih dari delapan ratus koleksi e-book dan sarana penunjang lainnya.

MimbarUntan.com, Untan- Pada tanggal 1 Desember 2018 pemerintah kota Pontianak resmi melaunchingkan pelayanan perpustakaan khusus digital. Perpustakaan digital dikota Pontianak ini merupakan perpustakaan tersendiri yang merupakan satu-satunya perpustakaan digital di Kalimantan Barat.

Ir.Hidayati selaku Kepala Dinas Perpustakaan Pontianak menyatakan bahwa sebenarnya peluncuran perpustakaan digital ini sudah mulai dipersiapkan di perpustakaan kota Pontianak dengan fasilitas seperti komputer dan jaringan internet serta lebih dari delapan ratus koleksi ebook dan sarana penunjang lainnya.

“Perpustakaan digital ini tidak kita isi dengan buku tetapi pelayanan digital yang semuanya dilengkapi dengan alat-alat elektronik dalam artian bahan pustaka nya delam bentuk e-book, e-jurnal, dan bahan-bahan pustaka dalam bentuk rekaman,” ungkapnya

Ia  juga menambahkan bahwa sarana yang ada telah dilengkapi pula dengan akses yang dapat menjangkau ke Perpustaan Nasional (Perpusnas).

“Saat ini perpustakaan digital yang ada dikota Pontianak telah dilengkapi dengan 8 komputer yang didalam nya terdapat 400 koleksi elektronik book  dan 16 tab yang masing-masing berisi 40 e-book. Melalui komputer dan tab ini dapat pula mengakses Perpusnas yang terdapat ribuan elektronik book” paparnya (12/2018)

Ireniza selaku pengunjung di Perpustakaan Kota Pontianak mengatakan bahwa dengan adanya perpustakaan digital ini juga dapat memberikan kemudahan dan meningkatkan minat baca .

“Dengan adanya perpustakaan digital ini tentu saja memberikan kemudahan bagi kaum pelajar dan mahasiswa, karena dengan adanya layanan seperti ini tentu juga dapat mendorong minat baca bagi semua yang gemar membaca dan akan memudahkan proses belajar” ujarnya

Hal serupa turut di ungkapkan Hijayati, pengunjung Perpustakaan kota Pontianak yang juga mengungkapkan harapannya. “kepada seluruh masyarakat khususnya pengunjung perpustakaan digital untuk bersama-sama menjaga sarana dan prasarana di perpustakaan digital dan ia berharap dengan adanya perpustakaan digital dapat mempermudah pelajar,mahasiswa dan yang sudah bekerja agar mempermudah pekerjaan atau tugas,” pungkasnya.

Penulis             : Nurdian

Editor              : Rio Pratama

Previous Rusunawa Banjir, Mahasiswa Sulit Beraktifitas
Next Perpustakaan Digital Berikan Layanan Bagi Orang Berkebutuhan Khusus

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *